Kamis, 28 Februari 2013

Tips Sederhana Foto Macro


Pengalaman berburu foto makro sangatlah menyenangkan. Sudut pengambilan yang begitu dekat, membuat kita dapat menghasilkan gambar dramatis dari suatu kegiatan teman-teman kecil seperti semut, serangga dan lain-lain. Sebuah pemandangan yang jarang kita amati dengan mata telanjang. Pose mereka terkadang lebih indah dari pada seorang model profesional. Betul begitu bro?
Foto Makro oleh Giovanni Orlando
Fotografi Makro adalah salah satu gaya yang unik dalam proses foto, yang membutuhkan teknik khusus untuk menangkap apa yang kita inginkan baik itu komposisi pencahayaan, fokus, dan komposisi yang semuanya berbeda dibandingkan foto biasa.
Untuk itu, saya telah mengumpulkan dari berbagai sumber tentang beberapa parameter maupun trik khusus dari konsep foto makro yang harus kita lakukan agar dapat menangkap gambar makro yang sempurna.
Menghasilkan Blur Pada Latar Belakang
Bermain makro hampir berarti bahwa kita akan selalu menghasilkan latar belakang yang blur (buram), ada parameter jarak hyperfocal yang jauh lebih dramatis pada proses ini, jadi meskipun tidak ada jarak fisik antara latar belakang dan subjek utama, mau tidak mau akan tetap akan dikeluarkan dari fokus. Namun meskipun begitu, kita masih perlu mempertimbangkan latar belakang, jumlah bokeh dan bentuk latar belakang tetap akan membuat perbedaan besar.
Fokus Manual
Bila memotret dengan lensa makro, biasanya cukup sulit menggunakan autofocus karena dengan auto focus kamera akan melihat beberapa objek yang sering kali jatuh pada fokus yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Kita hanya memiliki rentang yang sangat kecil dan autofocus mungkin tidak akan berfungsi dengan benar.
Auto fokus pada skala makro sangat halus, itulah sebabnya mengapa fokus manual lebih sering digunakan.

Penerangan
sumber : google
Masalah besar dengan fotografi makro adalah lingkungan yang sangat rendah cahaya, misalnya ketika kita ingin menembak pusat bunga dalam daun cukup sulit dilakukan karena tertutup dengan daun-daun di sekitar. Kita memerlukan cahaya tambahan. Namun bila flash dengan arah langsung, cahaya jadi sangat berlebih. solusinya kita bisa membiaskan flash ke media lain atau gunakan sumber penerangan lain

Cincin Lampu
Lampu cincin makro saat ini sudah secara luas digunakan dan sangat membantu dengan pencahayaan bagi ojek foto. Cincin cahaya lembut dapat ditambahkan di sekitar lensa yang akan membantu menerangi foreground secara langsung. Lampu cincin bisa melempar cahaya persis di mana kita membutuhkannya.

Reflektor
Jika memotret di luar ruangan, dapat menjadikan pertimbangan untuk menggunakan reflektor sinar matahari langsung ke objek. Hal ini dapat bertindak sebagai lampu pengganti. Pencahayaan menjadi sangat natural dan ringan.
Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat.

Sumber : http://classphotography.wordpress.com/2012/10/20/tips-sederhana-foto-macro/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar